Ini Beda Toyota Yaris Haykers dengan New Yaris

By Admin


nusakini.com - Toyota Astra Motor (TAM) melengkapi segmen hatchback medium dengan menghadirkan new Haykers. PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan New Yaris dengan menampilkan ikon baru yang mengusung karakter urban adventure. 

“Sejalan dengan semangat Let’s Go Beyond Toyota, New Yaris Heykers merupakan hasil rancangan dan karya anak bangsa dari team Produk Planning Division – TAM Design dan telah disetujui oleh principal (Toyota Motor Corporation/TMC). Kehadiran New Yaris Heykers ini diharapkan mampu memperkuat posisi penjualan TAM di segmen hatchback.” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Fukui. 

Haykers memiliki keunikan sendiri dibandingkan dengan Toyota Yaris biasa. Apa saja perbedaanya? Berikut ulasannya. 

Keunikan yang pertama pada new Yaris dapat dilihat dari bumper spoiler, roof spoiler, side stripe, dan alloy wheel. Sedangkan Heykers memiliki overfender, roofrail, side skirt, rear spoiler, juga rear bumper. 

Bagian yang berbeda kedua adalah soal ground clearance. Heykers dibuat lebih tinggi 35 mm menjadi 184 mm. Sedangkan new Yaris ground clearance-nya hanya 149 mm. Ground clearance yang dibuat lebih tinggiini karena penerapan ban berprofil 195/55 R16 (+15mm) dan suspensi TRD (+20 mm). 

Sutrimono, Deputy Division Head Product Planning & Development mengatakan bahwa peninggian ground clearance tersebut tak mengganggu stabilitas berkendara. Sutrimono menambahkan bahwa Toyota mampu memformulasikan agar stabilitas Heykers sama dengan Yaris standar. 

"Kami bekerjasama dengan TRD Indonesia mengembangkan suspensi khusus. Selain itu kami juga memilih karakter ban yang sesuai dengan mobil," ujarnya dia. 

Untuk keamanan dan kenyamanan maksimal, pengujian pun telah dilakukan pada mobil anyar ini. Sejumlah standar tes telah dipenuhi Heykers di Toyota Jepang. Sutrimono menjelaskan bahwa ada dua tes penting yang telah dilakukan. 

“Tes suspensi dengan mensimulasikan Heykers pada kondisi emergency escape. (Di sini) kendaraan dituntut untuk bermanuver dan di sinilah kami mendapat level yang cukup soal stabilitas," jelasnya dia. 

"Selain itu kami juga ada tes performa. Ini dilakukan untuk mendapatkan level riding comfort." 

Untuk performa dan stabilitas, Sutrimono sendiri mengatakan bahwa Heykers dan Yaris standar tak memiliki perbedaan. Namun, Hekyers dirancang untuk dapat memiliki kemampuan jelajah medan yang bervariasi dibandingkan dengan Yaris standar. 

Yaris model baru ini merupakan hasil rancangan dan karya anak bangsa dari tim Product Planning Division - TAM Desain dan disetujui oleh Toyota Motor Corporation. 

“New Yaris ditawarkan melalui 8 line-up untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan Hatchback dengan karakter stylish, sporty dan adventure. Didukung 292 outlet resmi di seluruh Indonesia, semoga kehadiran New Yaris dan New Yaris Heykers dapat memenuhi keinginan konsumen,” kata Fukui. 

Untuk dapur pacunya, kedua new Yaris dan Heykers menggunakan 2NR-FE berkubikasi 1.496 cc dengan teknologi dual VVT-i. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan lewat transmisi manual lima percepatan atau CVT sequential 7-percepatan. 

"Mesinnya sama dengan Sienta, tapi dari sisi power ada sedikit penyesuaian lebih rendah," ucap dia. 

Dari sisi interior, mobil ini dilengkapi layar sentuh 7 inci advanced audio, miracast, internet, Bluetooth (varian Heykers, TRD Sportivo dan G) yang merupakan bagian dari konsep desain audio New Yaris.(p/mk)